Latest Movie :

Ciri-ciri Orang Terkena Anemia

Ciri-ciri Orang Terkena Anemia

Anemia atau kurang darah merupakan keadaan di mana jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Bahaya anemia yang sangat parah bisa mengakibatkan kerusakan jantung, otak, dan organ tubuh lain, bahkan sapat menyebabkan kematian. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ketahui dahulu apa saja ciri-ciri seseorang terkena anemia. Apa saja ciri-cirinya? 
 
Berikut 5 ciri yang bisa Anda simak: 
  1. Kulit pucat dan kuning Kulit pucat yang tak biasa adalah tanda-tanda Anda terkena anemia. Jika warna kulit berubah warna menjadi kuning dan wajah terlihat pucat, maka Anda patut waspada karena bisa jadi terkena anemia.
  2. Lingkaran di bawah mata Lingkaran di bawah mata adalah tanda bahwa Anda sedang mengalami stres. Rendahnya jumlah sel darah merah atau kekurangan hemoglobin menyebabkan tekanan besar pada sistem tubuh dan gejala anemia sering muncul pada awal di kulit dan mata. Selain lingkaran di bawah mata, mata cenderung lebih cekung dan bagian dalam bawah akan tampak warna merah agak keputihan juga merupakan salah satu tanda dari anemia.
  3. Terasa lesu Penurunan oksigen darah satu titik dapat menyebabkan seorang pelari kehilangan 30-45 detik dalam perlombaan waktu. Hal ini juga berlaku pada Anda karena sikap lesu dan kurangnya motivasi untuk meakukan sesuatu juga menyebabkan Anda terkena anemia. Bila sudah terasa lesu, maka Anda juga tidak mampu berdiri atau duduk terlalu lama.
  4. Nyeri di mulut Kekurangan zat besi yang mengarah pada gejala anemia sering mengirimkan sinyal ke tubuh dalam mencari zat besi. Nyeri di mulut sering menjadi salah satu gejala anemia yang berkaitan dengan kekurangan zat besi. Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam.
  5. Perubahan warna air seni Ketika buang air kecil dan warna air seni Anda tak seperti biasa, segeralah pergi ke dokter. Pastikan agar Anda melaporkan hal tersebut kepada dokter untuk melakukan tes darah. Anemia dapat dicegah namun tergantung dari penyebabnya. Namun, yang paling mudah Anda lakukan agar tidak terkena anemia adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti sereal, daging merah, kuning telur, sayuran berdaun hijau, sayurang kuning, dan buah-buahan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ciri & Tanda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger